Panduan Cara Mencari Jurnal SINTA untuk Publikasi Anda

Memahami apa itu SINTA dan bagaimana cara efektif mencari jurnal di dalamnya menjadi langkah penting bagi para peneliti. SINTA, atau Science and Technology Index, adalah platform terkemuka yang menyediakan akses ke jurnal-jurnal ilmiah terindeks, memudahkan pengguna untuk menemukan sumber-sumber penelitian berkualitas

Apa Itu SINTA dan Bagaimana Platform Ini Bekerja?

Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) Indonesia menciptakan SINTA, singkatan dari Science and Technology Index, sebagai sebuah platform. SINTA memiliki tujuan utama untuk mengindeks publikasi ilmiah yang dihasilkan oleh para peneliti Indonesia, baik itu jurnal ilmiah, konferensi, atau buku ilmiah. Dengan adanya SINTA, peneliti dapat:

  • Menunjukkan kontribusi mereka dalam dunia riset secara terukur.
  • Memudahkan dalam proses evaluasi kinerja riset, baik oleh lembaga akademik, pemerintah, maupun institusi riset lainnya.
  • Memfasilitasi pencarian informasi publikasi ilmiah untuk kepentingan penelitian dan referensi akademik.

SINTA mengumpulkan data dan informasi publikasi ilmiah dari berbagai sumber, seperti jurnal ilmiah nasional dan internasional, konferensi ilmiah, serta buku ilmiah. Tim kemudian mengindeks dan memproses data ini untuk menciptakan profil atau identitas digital bagi setiap peneliti dan lembaga riset yang terdaftar di dalamnya.

Cara Mencari Jurnal SINTA Untuk Publikasi Anda

Mencari jurnal di SINTA (Science and Technology Index) untuk publikasi Anda dapat menjadi langkah penting dalam memperluas visibilitas dan pengakuan atas hasil penelitian. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk cara mencari jurnal SINTA:

Langkah #1. Buka Website Sinta

Silahkan kunjungi website SINTA (https://sinta.kemdikbud.go.id/). Langkah-langkah yang akan dilewati berikutnya, adalah melalui halaman web ini. Kita akan bekerja di halaman itu.

Langkah #2. Pilih Menu Source

Berada di halaman, pilih menu Sources, dan tentukan submenu Journal. Anda dapat juga mencari yang lainnya (selain jurnal). Tetapi dalam langkah ini, kita akan memilih Journal untuk mencari Jurnal.

Langkah #3. Lakukan Filter Untuk Pencarian Peringkat

Sekarang, kita akan melakukan Filter, untuk mempermudah pencarian. SINTA adalah jurnal yang terakreditasi, jadi ia memiliki peringkat antara 1 (yang tertinggi) hingga 6 (yang terendah).

Jadi, tentukan kriteria yang Anda butuhkan. Kemudian lakukan filter. Anda dapat menentukan filter berdasarkan peringkat serta fokus dan scope Jurnal yang ingin ditampilkan.

Misalnya, Saya akan mencari Jurnal peringkat Sinta 4 dengan topik Pendidikan. Saya akan menentukannya, seperti gambar berikut ini:

Cara mencari jurnal SINTA melalui Filter

Disana, akan memperlihatkan jurnal yang terakreditasi SINTA peringkat 4, dengan kategori Pendidikan.

Hasil pencarian jurnal sinta 4

Dari langkah ini, tentunya mempermudah Anda dalam menemukan peringkat Jurnal yang diharapkan. Pastikan melakukan filter yang sesuai, untuk hasil yang lebih baik.

Filter dapat dilakukan dengan memberikan lebih dari satu opsi. Misalnya, Anda ingin mencaritahu tentang Pendidikan Islam. Topik ini 2 suku kata, dan keduanya itu ada pada kotak centang filter. Jadi, Anda dapat menentukan keduanya untuk pencarian yang lebih spesifik.

Jika Anda membuat nama tertentu dalam kolom teks pencarian, itu juga dapat dilakukan. Menariknya, bila Anda sudah melakukan filter, ditambah lagi menuliskan nama jurnal di pencarian, itu akan lebih spesifik lagi dalam menampilkan hasil.

Perbedaan Antara Jurnal yang Terindeks di SINTA dan Non-Terindeks

SINTA, atau Science and Technology Index, memainkan peran penting dalam memfasilitasi akses dan penilaian terhadap publikasi ilmiah di Indonesia. Salah satu aspek yang signifikan adalah perbedaan antara jurnal yang terindeks di SINTA dan yang tidak. Berikut adalah beberapa perbedaan utama antara keduanya:

Tinggalkan komentar