Proses pembelajaran dalam dunia pendidikan tidak terlepas dari evaluasi. Evaluasi tentunya bertujuan untuk mengukur ketercapaian pembelajaran.
Oleh karena pentingnya keberadaan evaluasi, maka pembahasan evaluasi pembelajaran tidak pernah luput dari beragam teori-teori yang ada. Halaman ini akan menjelaskan tentang pengertian evaluasi pembelajaran, berdasarkan pendapat para ahli. Mari kita pelajari.
Table of Contents
1. Pengertian Evaluasi Secara Etimologi
Ditinjau dari sisi Etomologi, umumnya para ahli mengungkapkan bahwa istilah evaluasi merupakan serapan dari bahasa Inggris, “Evaluation“. Seperti ungkapan Ratnawulan & Rusdiana1, yang mengatakan bahwa asal kata “evaluasi” berasal dari bahasa Inggris “evaluation” dan dalam bahasa Arab disebut “al-taqdir“, yang dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai penilaian. Akar kata dari evaluasi adalah “nilai” (value), yang dalam bahasa Arab disebut “al-qimah” dan dalam bahasa Indonesia tetap memiliki arti yang sama, yaitu nilai.
2. Pengertian Evaluasi Secara Terminologi
Menurut terminologi, evaluasi ini adalah suatu proses perencanaan, pengumpulan, dan penyediaan informasi yang esensial untuk menghasilkan berbagai pilihan keputusan. Dengan demikian, setiap kegiatan evaluasi atau penilaian adalah suatu proses yang disusun secara sengaja untuk mendapatkan data atau informasi yang diperlukan. Berdasarkan informasi tersebut, langkah selanjutnya adalah membuat keputusan yang tepat. Tentu saja, data yang dikumpulkan haruslah relevan dan mendukung tujuan evaluasi yang telah direncanakan.2
Undang-undang No. 20 tahun 2003 pasal 58 ayat 1 dan 2 mengungkapkan bahwa evaluasi adalah proses pemantauan dan penilaian terhadap proses dan hasil kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh lembaga secara mandiri. Evaluasi dilakukan secara berkesinambungan, berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan.3
3. Penutup
Berdasarkan paparan di atas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa evaluasi itu berasal dari bahasa Inggris, “Evaluation“. Evaluasi merupakan proses pengukuran dan penilaian untuk mengukur tingkat keberhasilan kegiatan belajar-mengajar yang dilaksanakan oleh guru.
- Elis Ratnawulan dan A. Rusdiana, Evaluasi Pembelajaran (Bandung: Pustaka Setia, 2014), 1–2. ↩︎
- Ngalim Purwanto, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006), hlm 3 ↩︎
- Depdiknas RI, Undang-undang Republik Indonesia Nomer 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, hlm 51 ↩︎
Tinggalkan Balasan