wawancara_ilustrasi

Kualitatif

Wawancara Dalam Penelitian Kualitatif Lengkap Dengan Contoh

Wawancara dalam penelitian kualitatif adalah hal yang semestinya dilaksanakan. Sebelumnya, tentu saja pedoman wawancara dalam penelitian kualitatif dibuat, sehingga mempermudah peneliti untuk melangsungkan wawancara terhadap informan.

Halaman ini, akan menerangkan kepada Anda tentang makna wawancara dalam penelitian kualitatif, jenis-jenis wawancara, hingga pada contoh pedoman wawancara yang dapat Anda terapkan.

Metode Wawancara Dalam Penelitian Kualitatif

Wawancara, menjadi salah satu dari praktik triangulasi dalam penelitian kualitatif. Oleh karena itu, dalam penelitian kualitatif, wawancara menjadi salah satu instrumen Penelitian Kualitatif yang semestinya dilaksanakan.

Penelitian kualitatif, mengedepankan persoalan wawancara ini. Ia menjadi salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari pelaksanaan penelitian kualitatif.

Kualitatif sangat dikenal dengan istilah Triangulasi, yang merupakan bagian dari tehnik pengambilan data dalam penelitian kualitatif.

Triangulasi itu, melibatkan beberapa langkah seperti:

  • Observasi
  • Wawancara
  • Studi dokumen

Ketiga langkah ini merupakan langkah terapan triangulasi, yang merupakan ciri dari penelitian kualitatif, yang salah satunya adalah wawancara.

Merujuk dalam KBBI Daring[1], wawancara adalah tanya jawab terhadap seseorang. Ini bisa dilakukan dengan orang-orang yang berperan penting dalam persoalan tertentu (topik wawancara). Misalnya, pejabat, petinggi, atau sebagainya).

Jadi, dari sini dapat diambil kesimpulan bahwa wawancara merupakan bagian penting untuk mengambil data terkait dengan objek yang sedang diteliti.

Jenis-Jenis Wawancara Dalam Penelitian Kualitatif

Hal yang umum adalah bahwa wawancara itu sekedar mengajukan pertanyaan kepada informan, lalu kemudian mencatat segala hal yang didapatkan dari wawancara.

Meski sederhana, ternyata terdapat beberapa jenis-jenis wawancara dalam penelitian kualitatif. Hal ini tentunya membuat perlakuan khusus terhadap wawancara yang dilakukan untuk penelitian kualitatif.

Beberapa jenis wawancara dalam penelitian kualitatif itu, antara lain sebagai berikut:

  • Wawancara terstruktur
  • Wawancara semi terstruktur
  • Wawancara tidak terstruktur

Ketiga jenis wawancara ini merupakan hal yang umum dan sering digunakan orang-orang dalam penelitiannya. Sekarang, kita akan mengulas lebih dalam tentang jenis-jenis wawancara itu.

1. Wawancara Terstruktur

2. Wawancara Semi Terstruktur

3. Wawancara Tidak Terstruktur

Contoh Pedoman Wawancara Dalam Penelitian Kualitatif

Berdasarkan beberapa pengalaman Saya dalam melangsungkan penelitian kualitatif, terdapat contoh pedoman wawancara penelitian kualitatif yang dapat dibagikan disini.

Berikut ini contoh pedoman wawancara yang dimaksudkan itu.

Referensi

  1. KBBI Daring. 2016. KBBI Daring: Pencarian Kata Wawancara. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/wawancara. Diakses pada November 2022.

Tinggalkan komentar